Sabtu, 27 September 2014

tugas kelompok bab 2


BAB 2.
Information Systems and the Modern Organization

Business Processes merupakan kumpulan aktivitas sejenis yang menghasilkan suatu produk atau jasa yang berharga bagi perusahaan, partner bisnis, dan pelanggan.
Business Process Management (BPM) adalah teknik memanajemen termasuk metode dan alat untuk mendukung desain, analisa, implementasi, manajemen, dan optimisasi dari suatu proses bisnis. 
Business Process Reenginering (BPR) adalah perancangan ulang yang radikal dari suatu proses bisnis yang meningkatkan efesiensi dan efektivitas, biasanya dimulai dari awal, seperti pemesanan suatu tiket pesawat.

Platform berbasis web yang bersifat global(Global web-based platform)
Direpresentasikan oleh internet dan world wide web, dapat beroperasi tanpa melihat kondisi geografis, waktu, jarak, dan bahasa yang dapat membantu kita untuk tersambung, berkomunikasi, berkolaborasi, dan bersaing dimanapun dan kapan pun.

Business presures terdiri dari:
  • Market Pressure/Tekanan Pasar
Tekanan pasar biasanya terjadi dari ekonomi dunia, persaingan sengit, perubahan tenaga kerja, dan keinginan pelanggan yang kuat.
  • Technology Pressure/Tekanan Teknologi
2 Tekanan berbasis teknologi yang besar adalah
  1. Technological Innovation and Obsolence
Teknologi baru dan berkembang dimasa sekarang dengan cepat membuat atau mendukung penggantian suatu produk, pilihan alternatif baru, dan kualitas luar biasa. Sebagai hasilnya, produk yang sekarang populer mungkin akan terkesan kuno keesokan harinya,
 
   2. Information Overload

Internet dan sarana telekomunikasi membawakan arus informasi kepada manager secara besar-besaran. Untuk membuat suatu keputusan yang efektif dan efisien, manager harus dapat mengakses , menavigasi, dan menggunakan segala data,informasi, dan pengetahuan yang luas.
  • Societal Pressure/Tekanan Lingkungan sosial
Tekanan ini juga termasuk tanggung jawab sosial, regulasi pemerintah, program sosial, pertahanan negara terhadap serangan teroris, dan masalah etika. Hal ini dapat dibantu dengan memperluas perkenalan internet kepada masyarakat luas yang mungkin masih kurang mengenal teknologi. 

Untuk menalangi tekanan-tekanan tersebut, perusahaan meresponnya dengan mengimplemenasikan :
  • Strategic systems
  • Costumer focus
  • Make to Order and mass customization
  • E-business dan E-commerce
Strategic Information Systems(SIS) mempersiakan keunggulan kompetitif dengan membantu perusahaan mengimplementasi tujuan strategisnya dan meningkatkan performa dan produktifitasnya. Biasanya banyak perusahaan mengunakan model Porter untuk menentukan SIS.

Business Information Technology Alignment merupakan gabungan kuat antara fungsi IT dengan strategi, misi , dan tujuan dari suatu perusahaan. Dimana, fungsi IT mendukung langsung objek bisnis dari suatu perusahaan. Hal ini dapat membuat  penyusunan yang baik dapat dilihat bahwa:
  • Organisasi melihat IT sebagai alat inovasi yang selalu berkembang
  • Organisasi melihat sisi luar dan dalam dari pelanggan dan melihat bahwa pelayanan terhadap pelanggan sebagai hal yang sangat penting
  • Organisasi memutarkan ahli bisnis dan IT diantara departemennya
  • Organisasi menyiapkan tujuan yang sangat jelas kepada setiap pekerja
  • Organisasi memastikan pekerja IT mengerti bagaimana suatu perusahaan mendapatkan atau kehilangan uang
  • Organisasi membuat budaya perusahaan yang hidup dan inklusif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar